Jumat, 18 Februari 2011

TENTANG CROP CIRCLE


Apa itu Crop Circle ? 

Crop Circle adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius di area ladang tanaman, seringkali hanya dalam waktu semalam. Fenomena ini pertama kali ditemukan di Inggris pada akhir 1970, dengan bentuk pola-pola lingkaran sederhana. Pada masa-masa setelahnya, pola-pola tersebut kini cenderung bertambah rumit dan tidak terbatas hanya pada hanya bentuk lingkaran. Namun karena mengacu pada asal-usulnya, maka istilah lingkaran tanaman ini masih dipertahankan.

Mereka yang mempelajari fenomena lingkaran tanaman ini sering disebut juga dengan istilah “cerealogis”, dan ilmu yang mempelajari fenomena ini disebut dengan cereolog. Para Cerealogis kemudian mengembangkan istilah baru untuk fenomena ini, yaitu agriglif. Fenomena “lingkaran tanaman” seringkali dikait-kaitkan dengan isu UFO atau makhluk luar angkasa. (wikipedia)

Crop circle seringkali dihubungkan dengan fenomena UFO (Unidentified Flying Object) yang masih terus menjadi misteri hingga saat ini akan keberadaannya.

Pada crop circle sleman yogyakarta, terdapat pola yang unik dan berada di di areal persawahan kawasan Berbah, Sleman, Yogyakarta dengan ukuran sekitar 50-70 meter dan mencakup luasan sawah 2500 an meter persegi, dan diyakini oleh masyarakat sekitar bahwa crop circle ini hanya terbentuk dalam satu malam. Yang mana pada saat malam terbentuknya crop circle tersebut, masyarakat sekitar mendengar suara gemuruh seperti suara helikopter yang berlangsung kira-kira 30 menit. ( kira-kira apa ya, apa mungkin itu UFO).

Dan menilik kembali fakta setiap kali terbentuknya Crop Circle di beberapa tempat di penjuru dunia, memang selalu sebelumnya ditandai dengan suara gemuruh seperti suara pesawat, namun demikian belum ada satupun bukti secara ilmiah mengenai pembentukan crop circle ini.


fenomena crop circle sleman yogyakarta indonesia

Pro Kontra Fenomena Crop Circle
Kendati masih menimbulkan pro dan kontra di sejumlah masyarakat hingga kaum intelektual, fenomena Crop Circles sebetulnya sudah terjadi sejak Abad ke 17. Fenomena ini sering disebutkan di teks-teks akademis pada tahun 1700-an.Kasus-kasus ini semakin merebak pada tahun 1970-an, dimana hampir 200 kasus dengan beberapa saksi mata telah menemukan ladang gandum berubah menjadi sebuah ‘karya seni’ tinggi dengan dengan proses pembuatan hanya satu malam saja.

Kasus yang sering terjadi di Inggris disertai dengan penampakan pijar atau bola berwarna cerah cahaya, lubang cahaya atau pesawat terbang terstruktur, ini yang pada akhirnya disebut sebagai pesawat UFO.Perhatian serius terjadi pada tahun 1980 di Inggris Selatan. Desain tersebut berbentuk lingkaran sederhana, lingkaran dengan cincin, dan variasi pada salib Celtic. Kemudian gambar fenomena Corp Circles ini berkembang menjadi sebuah garis lurus dan pictogram.Setelah tahun 1990 desain yang dikembangkan secara eksponensial dalam kompleksitas, dan bahkan sekarang terkadang di desain meniru fraktal komputer dan elemen yang berkaitan dengan keempat dimensi fisika kuantum.

Dari tahun ke tahun ukuran crop circle juga meningkat, yang paling besar terjadi di beberapa daerah yang menempati seluas 200.000 meter persegi. Setidaknya telah ada lebih dari 10.000 dilaporkan dan didokumentasikan fenomena Crop Circles di seluruh dunia. 90 persen crop circles yang muncul berasal dari Inggris selatan.Crop Circle sendiri banyak muncul di daerah pertanian gandum Amerika, Inggris, Rusia, Australia, dan sebagian Asia, yang baru-baru ini dikabarkan singgah di daerah Sleman, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar